SEJARAH KEBERADAAN GURU RAYA
PEMANGKU GURU RAYA PERTAMA ADALAH TUAN RASAIM PURBA DASUHA. DIMANA TUAN RASAIM PURBA DASUHA DINOBATKAN SEBAGAI GURU RAYA OLEH RAJA RAYA PADA MASA KERAJAAN RAYA DIPANGKU OLEH TUAN RAJA NENGEL (1640 -1720 RAJA RAYA KE IX) SETELAH TUAN RASAIM PURBA DASUHA MEMENANGKAN KOMPETISI ILMU KEBATINAN DAN ILMU PENGOBATAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH KERAJAAN RAYA DIDEPAN PERWAKILAN PEMERINTAH BELANDA DIMANA KOMPETISI TERSEBUT DIIKUTI OLEH ORANG ORANG PINTAR (BERILMU) DISELURUH KERAJAAN DISIMALUNGUN ANTARA LAIN :
- RAJA SILIMAKKUTA
RAJA DOLOK SILOW
KERAJAAN PURBA
KERAJAAN PANEI
KERAJAAN TANAH JAWA
ENAM PERWAKILAN KERAJAAN PEMATANG SIANTAR
KEPADA PEMANGKU GURU RAYA PERTAMA YAITU TUAN RASAIM PURBA SIDASUHA DIAMANAHKAN OLEH RAJA MELALUI TULISAN YANG ADA PADA LAK- LAK(LAK- LAK ITU TERBUAT DARI IRISAN KULIT KAYU YANG TIPIS) ATURAN- ATURAN YANG HARUS DIPATUHI ATAU (DILAKSANAKAN) OLEH PEMANGKU GURU RAYA SELANJUTNYA DISEBUTLAH BUKU (LAK LAK) TERSEBUT PUSTAHA PARHALAAN GURU RAYA. PADA HAKEKATNYA PARHALAAN LAK-LAK GURU RAYA ITU DITEGASKAN
- BERTINDAK(BERBUAT)SELALU BONAR
- MENGAMBIL KEPUTUSAN SELALU ADIL
LAK-LAK PARHALAAN GURU RAYA MANA KALA DIBUKA DITEMPATYANG GELAP SEKALIPUN TIDAK BUTUH LAMPU PENERANGA UNTUK MENYINARINYA KARENA PADA LAK-LAK PARHALAAN GURU RAYA TERSEBUT TELAH MARSINAL SAL (BERCAHAYA SENDIRI).
- MENGHIMPUN HASADAON SELALU BIJAKSANA.
KONON SETELAH DITELUSURI LAK-LAK PARHALAAN GURU RAYA TERSEBUT SAMPAI DENGAN SAAT INI TIDAK DITEMUKAN KARNA MENURUT SUMBER BERITA YANG DAPAT DIPERCA PADA SAAT PEMBUMI HANGUS RUMAH BOLON ,RUMAH BOSAR BERIKUT RUMAH PASANGGRAHAN GURU RAYA YANG BERADA DI KOMPLEK DESA AMAN RAYA SEMUA IKUT TERBAKAR . MAKA SEJAK PEMANGKU GURU RAYA PERTAMA SAMPAI DENGAN PEMANGKU GURU RAYA KE EMPAT TUAN TARALUAN 1837-1926 LAK LAK PARHALAAN GURU RAYA DIATAS MASIH UTUH. DAPAT KAMI JELASKAN SEPARUH JALAN PELAKSANAAN TUGAS GURU RAYA KE LIMA TUAN BORAHIM PURBA SIDASUHA (1875-1978)LAK-LAK PARHALAAN TERSEBUT MASIH SEMPAT DIMANFAATKAN. BARU PADA TAHUN 1947MANA KALA DATANGNYA REVOLUSI VISIK (BUMI HANGUS)IKUTLAH LAK-LAK BUKU PARHALAAN TERSEBUT TERBAKAR DI RUMAH PASANGGRAHAN GURU RAYA. MAKA PEMANKU GURU RAYA KE LIMA (TUAN BORAHIM PURBA SIDASUHA) MENGAMANAHKAN SECARA LISAN KEPADA PEMANGKU GURU RAYA KE ANAM (TUAN DJONAM PURBA SIDASUHA) SEGALA SESUATU YANG BERKAITAN DENGAN TUGAS DAN FUNGSI GURU RAYA ITU WAJIB DILAKSANAKAN TANPA DIPENGARUHI OLEH SESUATU YANG DAPAT MENCEMARKAN NAMA BAIK PELAKSANA GURU RAYA TERDAHULU SANGSINYA SANGAT BERAT (POPOR) OLEH KARENA ITU KEBERADAAN GURU RAYA PADA PEMERINTAHAN KERAJAAN RAJA RAYA SEBAGAI PENASEHAT MENJALANKAN PEMERINTAHAN RAJA RAYA YANG MENAUNGI ENAM KERAJAAN YANG ADA DI SIMALUNGUN SANGAT LAH MEMBANTU SEKALI SEBAB SETIAP SESUATU KEPUTUSAN YANG BERHUBUGAN DEGAN
- PEMERINTAHAN
- PEPERANGAN (MENGHADANG TENTARA BELANDA TIDAK MASUK KE KERAJAAN YANG ADA DI SIMALUNGUN )
- PERDAGANGAN SERTA
- PEMETAAN BATAS BATAS WILAYAH MASING MASING KERAJAAN YANG ADA DI SIMALUGUN
- SECARA KHUSUS PELANGGARAN YANG BERHUBUGAN DENGAN KRIMINAL BERAT TELAH DITENTUKAN OLEH PEMANGKU GURU RAYA SAMPAI DENGAN PEMANGKU GURU RAYA KELIMA YAITU PAGAR PANEI BOSI YANG TERLETAK DI KOMPLEK RUMAH BOLON YANG SAMPAI DENGAN SAAT INI MASIH BELUM TERPELIHARA (TERAWAT) UNTUK ITU SAYA (TUAN DJONAM PURBA SIDASUHA) PEMANGKU GURU RAYA KE ENAM MEMINTA KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN SIMALUNGUN KIRANYA SITUS PAGAR PANEI BOSI DAPAT DI PELIHARA SEBAGAI MANA BENTUK DAN KEBUTUHAN YANG TELAH DI MANFAATKAN OLEH MASYARAKAT TERDAHULU SEBAGAI CAGAR BUDAYA.
KEBERADAAN GURU RAYA
OLEH KARNA ITU TUGAS DAN FUNGSINYA SELALU MELEKAT DENGAN AJARAN AGAMA. SEBAGAI MANA YANG TELAH KAMI JELASKAN FUNSI PELANGARAN TINDAK KEJAHATAN BERAT SUDAH ADA WADAHNYA YAITU PAGAR PANEI BOSI PROSES PEMUTUSAN PENGADILAN YANG DI EMBAN OLEH GURU RAYA DI DAHULUI OLEH SATU RAPAT KHUSUS DI RUMAH BOLON YANG DIIKUTI OLEH PEMANGKU KERAJAAN RAYA. KALAU PIHAK RUMAH BOLON(PARTONGAH)TIDAK MENGHASILKAN HASIL YANG MAKSIMAL YANG TERPERKARA DISERAHKAN LAH KEPADA PEMANGKU GURU RAYA SEPENUHNYA .PROSESI PELAKSANAAN PENGADILAN OLEH GURU RAYA SEBELUM DIBAWA KE GERBANG PAGAR PANEI BOSI DIDAHULUI PERTANYAAN –PERTANYAAN OLEH GURU RAYA DI RUMAH BOLON.NAMUN SI TERPERKARA JUGA TIDAK MENGAKUI BENAR ATAU TIDAKNYA UNSUR PERKARA TERSEBUT MAKA SI TERPERKARA DIBAWALAH KE GERBANG PAGAR PANEI BOSI DAN DISANA KEMBALI DI TANYA UNTUK KEDUAN KALINYA SEKEDAR MEMENUHI ATURAN YANG ADA KEMUDIAN KALAU PUN DITEMPAT INI SI TERPERKARA SADAR AKAN PERTANYAAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU RAYA BISA JADI TIDAK DITERUSKAN KE TEMPAT TERAKHIR YANG DISANA TELAH MENUNGGU SATU TEMPAT TERTENTU YANG SANGAT SAKLAR .TEMPAT TERSEBUT TERTUTUP OLEH SATU BANGUNAN YANG TIDAK DAPAT DILIHAT OLEH ORANG LAIN .TEMPAT INTI YAITU TERDIRI DARI SATU BENTUK CAWAN YANG BERISIKAN SIBIANGSA(SEJENIS ZAT BERACUN YANG DAPAT MENGHANCURKAN SEGALAN SESUATU KECUALI HABONARON)DAPAT KAMI TAMBAHKAN BAHWA TEMPAT INI ADALAH PENGADILAN TERAKHIR ATAS PELANGGARAN HUKUM KEJAHATAN YANG MERUGIKAN MANUSIA SECARA PERORANGAN MAUPUN BERKELOMPOK.KIRANYA PENERUS HABONARON DI SIMALUNGUN INI KEDEPAN DAPAT MENELAUDANI SIFAT –SIFAT YANG BERAWAL DARI SITUS PENINGGALAN PAGAR PANEI BOSI ADALAH LAMBANG DARI SIMALUNGUN YANG BERIMAN UTUH DAN BERKELUARGA TETAP DIDASARI OLEH HABONARON DO BONA. DEMIKIANLAH SEPINTAS TANGGUNG JAWAB YANG PERTAMA YANG DI EMBAN OLEH GURU RAYA
BERIKUT INI KAMI JELASKAN TANGGUNG JAWAB MENGENAI PENYEDIAAN (PELAYANAN)BAGI MASYARAKAT YANG BUTUH PERTOLONGAN DI BIDANG KESEHATAN.PADA ZAMAN DAHULU KALA GURU RAYA TETAP SIAP MELAYANAI MASYARAKAT UNTUK MENDAPAT PELAYANAN KESEHATAN ANTARA LAIN
- PENYAKIT SIMBORGOH (SEKARANG DI SEBUT PENYAKIT TUMOR)
- SAKIT PERUT(MAH ,MUNTAH DARAH )
- KHUSUS PENYAKIT YANG MENYERANG ANAK BALITA
- MEMBANTU ORANG PERORANG YANG MEMBUTUHKAN DOA DI BIDANG SIPRITUAL TETAPI BERAZASKAN HABONARON.
BERIKUT INI KAMI JELASKAN KETURUNAN PURBA SIDASUHA YANG BERHAK MEMANGKU GURU RAYA ADALAH PURBA SIDASUHA KETURUNAN TUAN BAJALINGGEI KARENA KETURUNAN PURBA SIDASUHA DARI TUAN BAJALINGGEI YANG BERHAK DIANGKAT MENJADI PUANG BOLON(PERMAI SURI)DI KERAJAAN RAJA RAYA YANG DIPANGKU OLEH MARGA SARAGIH GARINGGING .SELANJUTNYA KETURUNAN RAJA YANG BERISTRIKAN BORU DASUHA DARI BAJALINGGEI LAH YANG BERHAK MENERUSKAN PELAKSANA KERAJAAN DI RAJA RAYA .DEMIKIAN LAH PENJELASAN SINGKAT DARIKEBERADAAN GURU RAYA BERIKUT DENGAN TUGAS TANGGUNG JAWAB SERTA FUNGSINYA DI TANOH HABONARON DO BONA HORAS